STREAMING NOW!

Voks Radio Bandung is a Feel Good

playstore voks radio

Home - Blog

Puasa Ramadhan Anti Loyo Dengan Pola Makan Sehat!

Gimana sih caranyaaaa?

Marhaban ya Ramadhan, Alhamdulillah Teman Voks kita masih diberikan umur yang cukup untuk bertemu bulan suci Ramadhan di tahun 2024. Gimana puasanya nih? Masa sih udah pada bolong lagi di minggu pertama. Jangan jangan kamu ngeluh ya gimana caranya untuk menjaga pola makan ketika sedang berpuasa. Minvoks bakal kasih tau nih buat kamu cara untuk  menjaga Pola Makan Sehat ketika kamu sedang berpuasa.

Pertama, mengonsumsi pola makan seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh. Dengan merencanakan makanan secara hati-hati dan menggabungkan beragam bahan, seseorang dapat meningkatkan kesehatan dan vitalitas mereka selama bulan Ramadhan.

Kedua, menjaga hidrasi atau cairan dalam tubuh. Untuk menjaga hidrasi tubuh, batasi konsumsi makanan asin, pedas, dan gorengan untuk menghindari rasa haus saat berpuasa. Selain itu, pilihlah cairan yang tidak banyak mengandung kafein (kopi, teh, dan lainnya) karena cairan berkafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Ketiga, mengontrol kalori yang masuk ke tubuh. Makanan yang digoreng dan makanan manis memberi lebih banyak kalori pada tubuh, sehingga dapat menyebabkan naiknya berat badan hingga naiknya kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebih.

Keempat, mengontrol porsi makanan. Selama bulan Ramadhan, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berlebihan, baik sebelum atau sesudah puasa. Supaya tubuh memahami bahwa dirinya sudah kenyang, biasanya diperlukan waktu 20 menit untuk mengetahuinya. Oleh karena itu, konsumsilah makanan dengan penuh kesadaran dan pemahaman saat rasa lapar agar tubuh tidak terlalu kenyang.

Kelima, menyantap makanan sahur dengan gizi seimbang. Mulailah hari dengan santapan sahur bergizi yang mencakup karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, otmeal, protein (kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, ayam, telur, dan lemak sehat dari salmon), hingga alpukat yang dapat menopang tubuh selama berpuasa sepanjang hari.

Jika hal hal diatas kamu perhatikan, ga akan ada lagi tuh puasa yang lemes lemes. Dijamin deh bisa bikin kamu tambah semangat!

Source : https://www.antaranews.com/berita/4003641/tips-jaga-pola-makan-sehat-selama-ramadhan

Image Source : https://www.pexels.com/photo/man-celebrating-eid-mubarak-wearing-his-traditional-clothes-with-head-turban-7956577/

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

Let's Work Together

Pengen iklan kamu terdengar hampir diseluruh Kota Besar yang ada di Indonesia? Bandung, Jogja, Medan, Aceh, dan Bali? Bisa banget lohhhh. Ga percaya?

Categories

KEEP IN TOUCH WITH US

Mari berlangganan dengan Voks Radio Bandung untuk mendapatkan info-info menarik seputar gaya hidup

Radio Baru untuk Dewasa Muda bergaya hidup sehat.VoKS 91.7 FM Bandung, adalah radio yang menawarkan gaya hidup sehat, sehingga membuat pendengar menjadi FEEL GOOD.

Contact Us

© 2024 Created with 91.7 FM Voks Radio Bandung